Tamasya dan Berbagi Bersama Abang Becak

Posted on Updated on

Penyerahan Simbolis ke Abang Becak

Kepedulian terhadap tukang becak, ditunjukan oleh para siswa dan siswi SD-MI Ta’mirul Islam Surakarta melalui acara Bakti Sosial (Baksos) untuk para tukang becak di kota Solo. Acara Baksos ini diselenggarakan pada hari Minggu 25 Mei 2014.

Acara yang bertajuk “Tamasya dan Berbagi Bersama Abang Becak” ini merupakan sebuah gagasan untuk peduli terhadap para ‘abang becak’. Kegiatan ini berawal dari melihat lingkungan sekitar SD-MI Ta’mirul Islam Surakarta. Setiap harinya, banyak abang becak yang mangkal di depan lokasi SD-MI Ta’mirul Islam untuk menawarkan jasa mengantar-jemput siswa dan siswi. Melihat kondisi para abang becak yang rata-rata perekonomiannya rendah, membuat hati siswa-siswi SD dan MI Ta’mirul Islam tergugah. Hal tersebut  mencetuskan gagasan untuk memberi sedikit bantuan kepada abang becak yang berada disekitar SD-MI Ta’mirul Islam.

Iring-Iringan Becak KapalPada tahun ini, kegiatan Baksos kepada abang becak ini dibuat lebih luas lagi. Kali ini bukan hanya untuk abang becak di sekitar lingkungan sekolahan, akan tetapi melebar lagi yaitu untuk abang becak di kota Solo. SD dan MI Ta’mirul Islam mengundang 200 abang becak yang tergabung dalam FKKB (Forum Komukasi Keluarga Becak).

Iring-Iringan Becak

Sesuai dengan tema “Tamasya dengan Abang Becak” siswa-siswi dan para guru bertamasya menggunakan becak di sekitar CFD Jl. Slamet Riyadi. Acara dimulai sejak jam 6.30 WIB di halaman SD Ta’mirul Islam yang diawali dengan pembukaan acara Baksos dan Tamasya bersama abang becak dan dilanjutkan dengan 200 iring-iringan becak hias. 200 Becak Hias tersebut diisi oleh tim rebana, guru dan siswa siswi yang diwakili oleh siswa siswi kelas 3 dan 4 SD-MI Ta’mirul Islam. Selain menggunakan becak, guru-guru SD-MI Ta’mirul Islam juga menggunakan sepeda onthel untuk mengikuti iring-iringan becak tersebut.

Iring-Iringan Becak (2)

Iring-iringan tersebut menuju ke lokasi kegiatan utama yang berada di depan Center Point kota Solo. Di tempat tersebut ada berbagai hiburan dan pertunjukan yang ditampilkan siswa dan siswi yang mengikuti ekstrakulikuler SD-MI Ta’mirul Islam. Hiburan yang ditampilkan diantaranya adalah geguritan, pembacaan puisi, mendongeng dan seni musik.

BarongsaiKeceriaan siswa-siswi dan para abang becak bertambah ketika menyaksikan hiburan Barongsai yang di undang oleh pihak sekolahan. Kegiatan dilanjutkan dengan melanjutkan perjalanan di sekitar area CFD Jl. Slamet Riyadi dan kembali ke SD-MI Ta’mirul Islam.

Penyaluran baksos abang becak dilaksanakan di halaman depan SD-MI Ta’mirul Islam secara langsung. Baksos berupa beras dan uang tunai.

 

-ju-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s